Dari Kota Apel ke The Big Apple

Sunday, 13 May 2018 1 komentar
Dari Kota Apel ke The Big Apple
Aldi Rahman Untoro


Sebuah novel yang mengajarkan arti kehidupan. Kisah yang akan menjadikan kita bersyukur, bahwa kesulitan memang kadang menyakitkan, tetapi juga sekaligus menguatkan. Saya heran bagaimana ia bisa berinteraksi dengan dirinya sendiri, menggunakan wujud seorang anak laki-laki. Diawali dengan kejadian saat ini, lalu sejenak kembali ke masa lampau. Jembatan antara masa kini dan masa lalu begitu sering dilalui.

Kisah yang terinpirasi dari kisah nyata atau memang ini pengalaman penulis yang disamarkan oleh rangkaian kalimat hingga menjadi sebuah novel. Sayangnya disini kurang terlihat secara jelas perjuangannya, sebab diceritakan secara garis besar. Sebenarnya perjuangan yang lebih hidup dapat Anda temukan pada novel berjudul, “Ibuk”. Disana akan terlihat jelas perjuangan hidup yang sedemikian jelas, meski di dera oleh keterbatasan.

Novel yang cocok untuk mengisi waktu senggang. Walau terkesan lebih menonjolkan latar di Amerika, tetapi tetap ada nuansa kesederhanaan disana. Ia hidup dalam kesendirian, jauh dari keluarga, memunculkan kerinduan yang sangat, dan rasa ingin kembali ke kampung halaman. Tentu sebagai seorang laki-laki, ia dituntut untuk tegar.

Ia menghadapi berbagai persoalan kehidupan, yang memang tidak akan pernah mudah. Novel yang menginspirasi, pembelajaran bagi pembaca mengenai pentingnya pendidikan, dan arti kehidupan yang begitu keras, namun menyentuh. Betapa penting kehadiran keluarga, ayah, ibu, kakak dan adik. Semua berjuang untuk saling membantu, saling melengkapi.

Kisah Iwan menjadi bukti nyata tentang efek pendidikan - Anies Baswedan

Kekuatan pendidikan, perjuangan hidup, dan cinta keluarga membawa Iwan berpetualang di New York City untuk mengejar mimpi kecilnya. Setelah 10 tahun, ia kembali ke tanah air untuk melanjutkan perjuangannya. Segar dan inspiratif - Andy F. Noya

1 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan. Terima kasih atas perhatiannya, semoga sukses :)

 

©Copyright 2011 Aldi Rahman Untoro | TNB