Kisah Hidup Nabi Bedasarkan Sumber Klasik karya Martin Lings

Sunday, 4 March 2018 0 komentar
Kisah Hidup Nabi Bedasarkan Sumber Klasik karya Martin Lings
Aldi Rahman Untoro





Martin Lings lahir 24 Januari 1909, wafat pada tanggal 12 Mei 2005. Beliau meraih gelar sarjana bahasa Inggris di Oxford dan Sastra Arab dari Universitas London. Memperoleh gelar Ph.D. dari School of Oriental and African Studies (SOAS). Mualaf, sejarawan, cendekiawan ini telah menghasilkan beberapa karya seperti Religion in the Middle East, The Eleventh Hour, serta banyak jurnalnya yang turut andil memperluas cakrawala dunia Barat dalam memahami ketinggian Islam.

Kisah perjalanan hidup Nabi yang ditulis dengan bahasa yang mengalir. Meskipun buku terjemahan, jalan ceritanya tetap mudah dipahami. Cerita di dalamnya akan membuat kita tergerak untuk membacanya. Buku ini menyajikan cerita bedasarkan pada sumber sejarah, yang tentu menggunakan referensi dalam membuatnya.

“Jika kalian mengetahui apa yang ku ketahui, kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis” (hlm. 515).

Buku yang menceritakan dari awal mula Nabi Muhammad SAW lahir sampai pada wafatnya beliau. Biografi yang sesuai untuk menjadi bahan bacaan berkualitas dan menghilangkan kejenuhan. Dimulai dengan mengetahui silsilah Nabi, kemudian Nabi hijrah ke Madinah. Masuk Islamnya Umar bin Khattab Ra. Serta berbagai perang yang terjadi, seperti Perang Badar, Uhud, Khandaq, Tabuk, Khaibar. Bagi yang suka cerita, terutama penyuka sejarah Islam.

“Aku tinggalkan untuk kalian dua petunjuk yang jelas. Jika kalian berpegang teguh padanya, maka akan terhindar dari semua kesalahan. Keduanya adalah Kitab Allah dan sunnahku” (hlm. 521).

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat atas Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah atasnya dan ucapkanlah keselamatan atasnya” (hlm. 539).

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan. Terima kasih atas perhatiannya, semoga sukses :)

 

©Copyright 2011 Aldi Rahman Untoro | TNB