Memahami Hakikat Kesuksesan (The Outliers)

Sunday, 18 February 2018 0 komentar
Memahami Hakikat Kesuksesan (The Outliers)
Aldi Rahman Untoro




Malcolm Gladwell, penulis buku The Tipping Point dan Blink yang menjadi buku best seller internasional. Dalam Tipping Point, ia mengubah cara kita memahami dunia. Dalam Blink, ia mengubah cara kita berpikir, bagaimana caranya berpikir tanpa berpikir. Dan Outliers akan mengubah cara pandang kita dalam memahami kesuksesan.

Roseto, sebuah daerah di Italia sebelah tenggara Roma. Seorang dokter mengatakan kepada Wolf (seorang dokter) bahwa ia jarang menemukan orang berusia dibawah enam puluh lima tahun yang mengidap penyakit jantung di Roseto. Wolf sangat terkejut, ia kemudian segera melakukan penelitian. Apakah karena makanan? Pola makan atau olahraga? Apakah karena daerahnya memiliki udara yang baik? Apakah karena gen keturunan? Makanan, olahraga, lokasi, gen, semuanya tidak ada yang tepat.

Ternyata setelah dipelajari, struktur sosial yang berpengaruh. Banyak rumah yang ditinggali oleh tiga generasi keluarga. Rasa hormat yang didapat oleh para kakek dan nenek. Dua puluh lebih organisasi kemasyarakatan hadir. Orang kaya yang tidak memamerkan kekayaaannya, dan menolong orang yang kurang sukses dalam menenggelamkan kegagalannya.

Kebanyakan orang di Roseto berjalan-jalan, duduk di beranda dan bercakap-cakap antara satu dengan yang lain. Tindakan yang dilakukan oleh masyarakat, dan lingkungan sekitar begitu nyaman. Nilai dunia yang kita tinggali dan bagaimana orang yang berada di sekeliling kita, memiliki pengaruh yang besar terhadap siapa diri kita.

Kesuksesan yang datang dari serangkaian keberuntungan dan kesempatan, mulai dari kapan dan dimana Anda dilahirkan, apa pekerjaan orangtua Anda, dan situasi saat Anda tumbuh besar, akan membuat perbedaan yang mencolok terkait dengan bagaimana kehidupan Anda di dunia ini. Ketika kerja keras dan upaya saja belum cukup, melainkan juga semangat dan kesempatan.

The Outliers membahas mereka yang berada di luar kelompok. Mereka asing dan terpinggirkan secara kualitas. Membuat pilihan yang berbeda, hingga kesempatan yang berbeda pun mereka dapatkan.

Mereka yang telah diberikan serangkaian kesempatan, keberuntungan, dan mereka yang memiliki kemauan dan kegigihan dalam meraihnya. Kita terjebak pada dogma siapa yang terbaik, terpintar, dan yang paling berbakat, maka kita menganggap bahwa outlier muncul begitu saja, takdir Tuhan. Padahal mereka outliers adalah yang mampu memanfaatkan kesempatan dan kelebihan yang mereka miliki dengan sebaik-baiknya.

Buku yang sangat menarik membicarakan mengenai kesuksesan. Beragam kisah mulai dari Bill Joy yang menghabiskan waktunya untuk hal yang disukai, Bill Gates yang memilih jalan yang tepat, The Beatles dengan konser berjam-jam lamanya, Chris Mangan dengan IQ tinggi tapi buta secara sosial, Reene yang serius dan tekun berhitung, kisah maskapai Korea yang budayanya harus diubah, dan kisah lain yang menceritakan bagaimana yang gagal kemudian berubah menjadi pemenang. Kisah inspiratif yang dibahas dengan sudut pandang berbeda. Untuk menambah motivasi dalam menjalani kehidupan.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan. Terima kasih atas perhatiannya, semoga sukses :)

 

©Copyright 2011 Aldi Rahman Untoro | TNB