Cincin Sang Dosen

Sunday, 11 February 2018 2 komentar
Cincin Sang Dosen
Aldi Rahman Untoro




Pengalaman yang ada pada buku ini menunjukkan bahwa dosen bukan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, tapi juga mengajarkan kehidupan. Kisah yang mengabarkan profesi dosen merupakan profesi yang mulia. Dosen merupakan guru kemanusiaan. Profesi dosen dianggap rendah, padahal mereka menjadikan kita yang sekarang.

Dengan menjadi dosen, ia diperkaya dengan ilmu pengetahuan, relasi, wawasan. Dan ia akan mampu menghasilkan manusia-manusia berkualitas. Hidupnya sungguh berarti, saat melihat murid yang pernah didiknya, menjadi orang yang berhasil dalam hidup.

Tulisan ini merupakan refleksi atas perjalanan dan pengalaman para dosen sebagai pendidik. Mereka bukan hanya mentransfer pengetahuan, tapi juga nilai-nilai luhur sehingga mahasiswa dapat unggul secara akademik, maupun memiliki pribadi yang berintegritas.

Buku berjudul, “Cincin Sang Dosen” memuat 27 kisah, dimana bagian pertama terdiri dari 12 kisah. Pintar tanpa menggurui, tajam tanpa melukai, cerita mengenai perjuangan dosen baik suka maupun duka. Fortiter in re suaviter in modo, tegas dalam prinsip, namun lembut dalam bertindak. Dosen dituntut untuk pintar tapi tidak menggurui, tajam dalam menyampaikan kebenaran, tapi tidak melukai hati. Cura personalis, memberi perhatian pada masing-masing pribadi, merupakan salah satu aspek fundamental dari sebuah panggilan menjadi guru atau dosen.

Bagian kedua terdiri 15 kisah, berakar dalam panggilan, berkobar dalam pelayanan, bercerita mengenai jawaban batin dan alasan mengapa mereka tergerak menjadi seorang dosen, dan bukan profesi lain. Berbagai kisah di dalam buku ini akan membuat kita berkontemplasi terhadap kehidupan seorang pendidik, yang tentu tidak mudah dan penuh perjuangan. Tapi nyatanya kisah dalam buku ini tak hanya membuat kita merenung, tapi juga memberi inspirasi, dan menjadikan diri kita memiliki keinginan untuk menjadi seorang guru atau dosen.

Dengan membaca buku ini, kita merasa bahwa dosen merupakan sebuah profesi yang begitu bernilai. Pengalaman kehidupan seorang dosen, dimaknai secara luas dan mendalam. Peliknya beragam masalah, menjadikan dosen semakin bijak, seiring dengan pelajaran kehidupan yang diterima olehnya.



2 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan. Terima kasih atas perhatiannya, semoga sukses :)

 

©Copyright 2011 Aldi Rahman Untoro | TNB